16 Agustus 2022 21:24:41
Ditulis oleh Admin

Menjelang Hari Kemerdekaan, Masyarakat Desa Trutup Gelar Tradisi Malam Tirakatan

trutup-plumpang.desa.id -  Seperti yang kita ketahui bahwa setiap tanggal 17 bulan Agustus merupakan tanggal yang paling sakral bagi negara Indonesia. Pasalnya, tanggal tersebut merupakan hari dimana bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya untuk pertama kali sejak dijajah oleh bangsa asing. Untuk mencapai suatu tujuan, yaitu merdeka, bangsa Indonesia di seluruh penjuru negeri menyatukan tekad dan kekuatan demi mengusir para penjajah. Perjuangan mereka tentu tidak semudah yang kita bayangkan. Mereka harus mengorbankan nyawa mereka untuk melawan penjajah. Perasaan takut dan gemetar pun telah hilang di dalam diri mereka. Yang ada hanyalan tekad yang kuat demi mencapai kemerdekaan.

Mereka yang gugur dalam pertempuran demi mencapai kemerdekaan diberikan gelar sebagai pahlawan nasional. Gelar tersebut merupakan gelar tertinggi bagi mereka yang telah berjuang hingga titik darah penghabisan demi mencapai kemerdekaan. Oleh karena itu, kita sebagai bangsa Indonesia sudah menjadi kewajiban untuk senantiasa menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang melawan penjajah. Sebab, tanpa adanya mereka tentu Indonesia tidak akan bisa seperti sekarang ini.

Guna mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur, sebagian besar masyarakat Indonesia menggelar tradisi malam tirakatan. Tradisi malam tirakatan merupakan acara berdoa bersama untuk mengucapkan rasa syukur dan mendoakan para pahlawan yang telah gugur. Tradisi tersebut sering digelar tepat sebelum hari kemerdekaan atau lebih tepatnya tanggal 16 Agustus. Pada malam hari sebelum tanggal 17 Agustus, malam tirakatan dilaksanakan di balai desa atau salah satu rumah warga.

Hal tersebut juga dilakukan oleh masyarakat Desa Trutup Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban. Menjelang hari kemerdekaan, masyarakat Desa Trutup menggelar acara yang serupa, yaitu tradisi malam tirakatan. Tradisi tersebut digelar di Balai Desa Lama (sekarang Panti PKK) dan di halaman salah satu warga di Dusun Klaseman pada Selasa (16/08/2022) malam ini. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Kepala Desa beserta Perangkat Desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat desa. Acara tersebut dimulai pukul 19.15 WIB atau selepas sholat Isya’. Sebelum acara dimulai, warga telah mempersiapkan nasi tumpeng yang nantinya akan dimakan bersama.

Acara dimulai dengan diawali menyanyikan lagu kebangsaan negara, Indonesia Raya. Selanjutnya, sambutan dari Kepala Desa Trutup, Slamet Widodo. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan terkait pelaksanaan kegiatan peringatan hari besar nasional (PHBN). Serangkaian kegiatan PHBN akan diawali dengan gerak jalan pada tanggal 18 Agustus 2022 dan diakhiri dengan jalan sehat pada tanggal 4 September 2022.

“Rangkaian kegiatan PHBN akan diawali dengan gerak jalan pada tanggal 18 Agustus 2022 dan diakhiri dengan jalan sehat pada tanggal 4 September 2022”, ucap Slamet Widodo, Kepala Desa Trutup dalam sambutannya.

Lebih lanjut, beliau mengapresiasi antusias masyarakat Desa Trutup yang luar biasa menjelang hari kemerdekaan. Pungkasnya, beliau juga menghimbau agar seluruh masyarakat Desa Trutup agar senantiasa guyub rukun demi memajukan desa.

Hal senada juga disampaikan oleh Kyai Abdul Wahab di agenda selanjutnya, yaitu mauidhoh hasanah. Beliau menyampaikan beberapa nasihat kebaikan bagi seluruh elemen masayarakat desa, salah satunya terkait guyub rukun. Beliau benar-benar menghimbau masyarakat desa agar senantiasa guyub rukun. Sebab dengan adanya kerukunan tersebut dapat mempererat persatuan dan kesatuan. Kemudian, beliau menyambung agenda selanjutnya, yaitu mahalul qiyam. Setelah itu, tahlil dan doa bersama yang dipimpin oleh ustadz Mansyur. Selajutnya, acara tersebut ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Kyai Abdul Wahab. Setelah serangkaian acara tersebut, agenda selanjutnya adalah makan bersama. Hal ini dimaksudkan agar mempererat kerukunan masyarakat desa. Sebab kerukunan merupakan salah satu pondasi untuk memajukan desa. (mhi/adm)



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus